Januari 26, 2010

Apalah Arti Sebuah Nama - an Asbun Words from WILLIAM SHAKESPEARE

Aloha ...
Seorang satrawan besar pernah bilang " Apalah arti sebuah nama " - Menurut gue, itu sungguh sebuah ungkapan asbun ( asal bunyi ) yang bermakna ambigu and ga patut untuk digugu. So sorry buat para pecinta pepatah di atas .... , gue ga maksud menghina ataupun melecehkan kalian. Gue sendiri udah lama mikirin hal ini, sampe - sampe gue jadi resah, ga bisa bobo, and ga bisa boker alias sembelit 3 hari 3 malem ( sebenernya karena kebanyakan ngembat salak sih .. ). Iseng - iseng gue coba nyari and sedikit menganalisis nama - nama yang ada di pasaran . Untuk lebih jelasnya mari kita tinjau beberapa sample di bawah ini.


1. Nama Orang ( termasuk nama gue and nama elu - elu yang lagi baca blog ini )
Sampai saat tulisan ini diturunkan, belum ada orang yang ngasih nama "Kampretwati" ke anak perempuannya, apalagi anak laki - lakinya. Rata - rata nama yang dikasi tuh yang indah - indah, kayak "Dewi, Cantika, Elisa,  Putri, dengan harapan si anak bakal tumbuh menjadi gadis yang cantik sesuai dengan nama yang udah diberikan. Disisi laen terbukti juga lho ..., rata - rata anak yang punya nama bagus ( indah dan bermakna, seenggaknya menurut orang tuanya ), juga punya prestasi bagus atau minimal punya kepribadian bagus and direken juga ama orang - orang di sekitarnya. Contohnya kayak Sandra Dewi, doi sekarang bisa dibilang salah satu cewek yg di - idam - idamkan sama banyak cowok. * ini bukan curhat pribadi gue lho *. Yah bisa dibilang si sandra udah jadi DEWI sesuai dengan namanya. Contoh laen yang gak kalah extreme adalah si Tukul ARWANA - biar mukanya ga seganteng ikan arwana, tapi masalah rejeki jangan tanya deh. Mungkin kalo namanya Tukul TERI ( FYI : Teri adalah ikan kecil yang lemah dan murahan. Enak banget kalo dimakan pake nasi anget plus sambel pete #iler netes - netes#), nasibnya bakalan laen juga kali ya.


2. Nama Band ( termasuk band indie atau band juara festival 17 agustusan antar RT/RW )
Wuuiiiddiihh bangeeettt dah kalo udah ngomongin nama band. Dari yang paling elegan, kueeerrreen, ampe yang paling kacrut pun tersedia untuk urusan yang satu ini. Liat aja " KUBURAN BAND, HANCUR BAND, KANGEN BAND, WARTEG BOYZ, THE CHANGCUTERZ " sungguh ajaib nama band2 barusan. Kalo diselidiki lebih jauh, bisa dibilang nama - nama barusan seperti dipilih hanya untuk urusan SENSASI doank, tanpa didasari oleh filosofi apa - apa.

Yah kalo mau dikasi filosofi, maka kira - kira akan jadi seperti ini ( ini menurut imajinasi gue aja lho ya, jangan diambil hati ) :

a. KUBURAN BAND - Nama ini dipilih karena para personil band ini adalah para penghuni liang kubur yang sudah sukses bangkit dari kubur dan sepakat untuk membuat band. Segmentasi pendengar yang dipilih juga berasal dari alam kubur dan alam neraka. Tuyul dan Pocong adalah groupies sejati dari band ini. Single hits " Lupa - lupa tapi ingat " sangat cocok disetel saat anda sedang menghadiri acara pemakaman.

( Yeah, kami kuburan band. Undang kami ke acara pemakaman keluarga dan kerabat anda. Dijamin suasana pemakaman anda akan menjadi lebih ceria dan mengasikkan. )


b. HANCUR BAND - Nama ini dipilih karena dianggap sangat mewakili karakter dari para personil band yang bersangkutan ( baik dari segi musikalitas dan segi performance ). Band ini punya motto " Biar HANCUR yang penting BEKEN " plus " HANCUR - HANCUR bergembira ". Single Hits " Pengen Jadi Artis " sangat cocok disetel saat anda sedang merasa minder atau rendah diri, alhasil dengan mendengar lagu ini anda akan sadar bahwa ada orang - orang yang lebih desperate dari anda.


( Haloo, kami dari HANCUR BAND - Anda merasa hancur saat ini ????. STOP !!!! , jangan putus asa lalu bunuh diri. Dengarkan dulu lagu - lagu kami dan pantengin video klip kami secara seksama. Anda akan sadar bahwa kamilah yang paling HANCUR ... Ha Ha Ha Ha Ha. )

c. WARTEG BOYZ - Nama ini dipilih karena para personil band ini adalah para pengusaha Warteg and demen nongkrong di warteg. Motto Band ini " Wartegku istanaku ". Band ini bercita - cita untuk manggung di warteg - warteg seluruh indonesia dan manacanegara tentunya ( ceritanya d nagri sono ada warteg juga chueyy ). Single hits " Okelah Kalo Begitu " ditujukan buat para suami - suami takut istri. Sangat pas disetel di sore hari saat anda sedang menikmati teh dan gorengan bersama keluarga. Ga percaya ..??? Coba dulu donk. ( bila terjadi hal - hal yang tidak diinginkan, seperti muntah, batuk berdahak dan mimisan, segera larikan ke Warteg terdekat di kota anda ).

( Warteg Boyz - Idola Cewek Warteg maza kini. Dapatkan bonus tahu tempe dan ulekan cabe di setiap pembelian satu CD aseli kami )

Well, kita tinggalkan band - band super sensasional di atas. Mari kita tinjau sample lainnya.

Seperti yang pernah gue baca di majalah HAI ( tentang nama band ), biasanya nama band itu akan menentukan masa depan band yang bersangkutan. Contohnya adalah " NIDJI ( Pelangi in japanese ), DEWA( mahluk setara TUHAN ), PETERPAN ( tokoh cartoon yang bisa terbang), RATU ( istrinya Raja, ), RADJA ( penguasa - dan band ini pun sukses jadi rajanya band Kacrut jaman itu ), D'MASIV ( asalnya dari massive yang artinya dominan atau banyak ), UPSTAIRS ( lantai atas ). Nama - nama barusan terbukti sukses mengantarkan band - band yang bersangkutan jadi melambung, terbang dan nempel di otak para pecinta musik di Indonesia. Di areal pendatang baru pun sudah ada calon - calon band hebat. Tentunya dengan nama yang hebat pula. Contohnya, VIERRA, SUPERNOVA, WALI and THE DANCE COMPANY. Kalo ditanya arti - arti dari nama - nama band itu, gue juga ga tau secara spesifik sih, cuman kayaknya sih artinya bagus sih. Soalnya namanya keren. Apalagi vierra, vokalisnya seksi lho, lucu lagi. Iiih, jadi gemes deh aku. ( lho, kok jadi nepsong sendiri nih gue .. ??? )

Nah, terlepas dari masalah musikalitas dan live performance. Urusan NAMA bagi sebuah band, terbukti memiliki arti dan peran tersendiri dalam perjalanan band yang bersangkutan.


3. Nama Usaha ( bisnis )
Sejauh mata memandang dan telinga mendengar, Gue belum pernah nemu ada orang yang ngasih nama usahanya " UD BANGKRUT BERSAMA atau PT GULUNG TIKAR SELALU ". Begitu juga dengan nama toko, ga ada yang namanya " SELULARTUT - Toko Hape Paling Butut ".Kebanyakan dari mereka pasti pasang nama yang baek - baek. Kalo menurut gue sih, ini bukan sekedar strategi bisnis aja, tapi juga sebuah keyakinan yang diterjemahkan menjadi sebuah nama. Contohnya " UD SEJAHTERA atau PT MAKMUR JAYA ", yeah, yang punya toko berusaha banget untuk yakin kalo tokonya bakal Sejahtera, makmur dan jaya selalu.

********************************************
Eniwei, persoalan nama ini emang agak musingin. Ditambah lagi dengan anggapan bahwa nama itu hanya sekedar hiasan belaka, ga bisa ngejamin apa - apa. Well, kalo masalah itu sih balik lagi ke orang - orang/barang - barang/band - band/ toko - toko yang menyandang nama tersebut. Yah, kalo buat gue pribadi sih, tetep aja nama itu punya arti dan filosofi sendiri. Makannya blog gue ini gue namain celotehsibegeng - it's mean celotehan gue ( yang berbody begeng, meskipun super kece ). But its up to you guyz, mau setuju apa kagak ama pendapat gue ini. Peace yo.


Okae, that's all for today. See you later guyz, happy reading.

8 komentar:

  1. Aku setuju sama kamu. Nama itu kan doa juga.

    BalasHapus
  2. kocak, ngakak gue hahahaha

    BalasHapus
  3. kalo nama w artinya apa yag?

    terus kalo nama itu sangat bermakna,
    KENAPA PAPI W LUPA AMA NAMA LENGKAP W SEEH???
    huhuhuhu

    T.T


    Curhat dikit gapapa kann??

    BalasHapus
  4. sepertinya william shakespare ada saingannya nih "Begeng Shakeskere" hehehe...:kaboorrr:

    BalasHapus
  5. Eh begeng, bawa2 nama gw lg diatas! hahaha..

    BalasHapus
  6. wakaka, mood gw yang lagi jelek langsung berubah bagus pas baca nih blog, wakaka..tengkyuh begeng.
    betewe, apakah arti nama begeng akan membawakan kejayaan? atau malah kejatuhan?

    BalasHapus
  7. Saya cuman bisa tertawa... *nayris putus nafas gara2 ngakak*

    BalasHapus
  8. Got that all kind of bands di indonesia? So funny! Especially hancur band. LOL...

    BalasHapus