Februari 23, 2012

LDR dan si Untung yg Terselubung


Aloha readers.

Apa kabar ...? Gue berharap kalian semua lagi gak nongkrong di airport dengan tujuan menghalau kehadiran FPI di kota kalian. Mendingan lakukan hal yang lebih berguna. Seperti ngamen dengan alat musik lengkap khas seniman jogja. Dijamin bakalan lumayan menghibur para calon penumpang pesawat. Khususnya yang pesawatnya lagi delay karena pilotnya lagi ketagihan nyabu.

Di postingan kali ini gue ga akan ngebahas soal kasus FPI. Karena gue sendiri udah eneg dengan blow up yang dilakukan media perihal kasus ini. Bahkan saking tenarnya, FPI sekarang sering banget nongol di broadcast bbm and Whatsapp. Ga worth it banget ya. Memicu emosi dan memancing banyak persepsi.

Di lain pihak. Sebenarnya gue sempet mikir untuk gue ngebahas si langsing Angelina Sondakh yang belakangan tenar abis. Soalnya dulu gue termasuk orang yg sepaham sama mas Adjie Massaid. Sepaham kalo gue dan dia sama sama ganteng. Tapi setelah melihat blow up media juga, gue putuskan biarkan media saja yang membahasnya karena memang blog ini bukan blog politik. Blog ini lebih pantas di sebut blog menggelitik. Setujuu ...?????? Yang setuju ayo segera sawerrrrr .....

Eniwei, karena kita masih berada bulan februari. Alias bulan penuh cinta. Maka gue memutuskan kalau gue bakalan posting tentang cinta lagi. Dan seperti yang udah gue janjikan di postingan sebelumnya, gue bakalan bahas something about LDR.
*********************

Akhir - akhir ini gue lagi getol banget ngegodain sepupu gue si ferawati ( klik aja, bakal nongol fbnya ) and sahabatnya cewek gue si nadiawati ( bisa di klik juga kok ). Jadi ceritanya ( faktanya maksudnya ), mereka berdua ini lagi menjalani LDR alias Lemot Dalam Relationship Long Distance Relationship. Sepupu gue lagi LDRan ama cowok kota Samarinda, eh Balikpapan, eh lupa ... pokoknya antara itu deh. Sementara sahabat cewek gue lagi LDRan ama cowok Bali juga yang sekarang lagi studi di bandung. Sebelumnya sih mereka ga LDR. Sepupu gue sama cowoknya pernah bareng waktu kuliah di jogja, sementara sahabat cewek gue emang murni LDR dari awal pacaran. Cuman si cowok lumayan sering ke bali, ya 6 bulan sekalilah ( seenggaknya lebih mendingan ketimbang bang toyib yg kagak pulang bertahun - tahun kan ).

gambar diambil dari sini

( Ritual wajib para penganut LDRisme )

Secara umum, LDR memang seperti mimpi buruk bagi yg menjalaninya. Ada banyak alasan kenapa gue bilang begitu

1. Lu punya pacar, tapi kagak bisa jalan bareng pas weekend.

2. Lu punya pacar, tapi kagak bisa temu kangen kapanpun dimanapun.

3. Lu punya pacar tapi ga bisa "always listening, always understanding"

4. Lu bakalan emosi kalo liat ada pasangan yg mesra banget. Mengingat fakta bahwa lu bukan jomblo biasanya malah makin memperparah keadaan.

5. Lu merasa terasing kalau pas mau jalan ama temen - temen lu, dan ternyata mereka lagi pada "have a date" sama pacar mereka. Dan lu kagak jomlo. So nyari gebetan buat diajak jalan sama aja kayak bikin bom waktu. Bikin runyam di kemudian hari.

6. Komunikasi cenderung menemui banyak masalah. Karena beda situasi. Cuaca mempengaruhi. Lu kagak tau kondisi tempat pacar lu berada. Saat lu lg nelpon and telpon lu kagak diangkat lu bakalan ngamuk and nuduh yang aneh - aneh ke pacar lu. Padahal pacar lu lagi naek motor and mengahdapai badai katrina saat itu.

YEAH !!!! 6 hal diatas aja udah problem banget sodara sodara. Udah berpotensi bikin cerai sebelum menuju pelaminan dah.

Setelah ngeliat list problem di atas, ga heran banyak orang yg berpikir kalo LDR itu hanya memperburuk dan selalu membawa dampak negatif dalam kehidupan berpacaran ( alay bener dah ni istilah ). Padahal sebenernya kalo ditelaah secara mendalam dari sisi akademis berdasarkan ilmu praktis bercinta ala begeng gahul, LDR pun ternyata memiliki banyak sisi positif lho.

Dan sekarang ijinkanlah gue untuk membawa kalian, wahai para pasangan yang terjebak dalam lingkaran LDR yg mematikan, untuk sedikit membuka hati dan otak, dan melihat sisi - sisi positif LDR.


THE BENEFITS of LDR
by Begeng LPC ( Lelaki Penuh Cinta )

1. Being LDR = Being a master Of Communication

Menjalani LDR bikin lu secara ga langsung belajar banyak soal komunikasi. Karena emang ga bisa dipungkiri kalo komunikasi adalah salah satu kunci sukses dalam membina hubungan, khususnya LDR ( makanya, menteri komunikasi dan menteri perhubungan musti sohiban . Biar urusan negara jadi lancar. Lho ..? kok malah menyimpang bahasannya ...). Semakin tinggi niatan lu untuk mensukseskan LDR yg sedang lu jalani, maka semakin tinggi pula skill komunikasi yg elu miliki.


- Hape and lappie bakalan penuh dengan aplikasi messenger kayak BBM, Whatsapp, imessage, YM, Skype, Viber, Gtalk, MsnTalk, Ichat, Android Messeger, Nexian Messeger dan ger ger lainnya.

- Kamus Besar Bahasa Indonesia jadi koleksi dalam rangka menghindari kesalahpahaman akibat salah penulisan ( khususnya yg lg LDRan sama mahasiswa sastra indonesia )

- Elu jadi terlatih untuk tau dan paham dengan perbedaan waktu ( jam ) dan juga jadwal pacar elu. Dengan kata lain, elu tau waktu yg paling tepat untuk berkomunikasi dengan dia.

- Secara sadar elu akan memaksimalkan setiap moment komunikasi. Mengingat pulsa dan internet service ga gratis. Kecuali elu penunggu restoran cepat saji.

- Skill elu dalam ilmu psikologi akan bertambah. Khususnya psikologi komunikasi. Percayalah, elu kagak nelpon pacar lu saat dia lagi emosi karena dapet E di ujian akhir semester. Selaen bakalan buang pulsa, komunikasi terancam terhambat, karena dia lagi ditatar sama dosen pembimbingnya. Intinya, elu akan concern sama psikologi elu sendiri plus pacar elu saat lagi berkomunikasi. Kan males banget kalo telponan isinya cuman berantem melulu.


2. LDR itu lebih hemat.

Banyak yg bilang kalau LDR itu menguras harta dan air mata ( kayak judul lagu dangdut ya ...?), padahal sebenarnya LDR itu hemat lho. Apalagi di jaman hightech seperti sekarang. Mari coba kita kalkulasi dan bandingkan antara perkiraan biaya bagi yg LDR dan tidak LDR.

a. Perkiraan Biaya Non LDR

- Biaya Komunikasi - Telpon, sms, internet ( Bbm, Whatsapp, Ym )

- Biaya Ngedate Mingguan - Makan, Nonton, Nongkrong di Cafe, Shopping, Wisata Alam, Wisata kota, Wisata Desa, dan Wisata Alam Gaib ( mahal banget ni ) - ( 1x seminggu, 2x seminggu, 3x seminggu, atau full seminggu )

- Biaya Pemeliharaan Penampilan buat ngedate ( rutin, bisa mingguan atau bulanan )
Beli pakaian baru, parfum baru, Make up baru dll. ( karena pastinya kita ga mau disangka lagi jalan sama majikan, cuman gara gara penampilan kita kayak gembel )

- Biaya Setoran makanan buat keluarga kekasih. Malu dong kalau sering ngedate, tapi ga pernah bawa oleh2 buat camer. Bisa - bisa dicap hanya sayang anaknya saja. So, ini adalah extra cost yang penting untuk diperhatikan.

- Biaya sosial date. Maksudnya adalah ngedate rame-rame dengan temen - temen kekasih elu. Entah itu double date, triple date, atau quarto date. Intinya ngedate rame - rame. Biasanya akan ada biaya tak terduga, karena biasanya (lagi) mereka punya planning tersendiri yang kita gak tau sebelumnya. Mending siapin uang cash ketimbang tengsin.

b. Perkiraan Biaya LDR

- Biaya Komunikasi - Telpon, sms, internet ( skype, bbm, ym, whatsapp, facetime ). Kuota lebih besar. Karena pemakaian internet lebih intens.

- Biaya Ngedate setiap 3/6/12 bulan sekali. Entah kita liburan ke tempat kekasih, atau kekasih yang dateng ke tempat kita. Kalo menurut gue, biaya yg ini bisa sekalian dimasukkin ke budget liburan kita. Karena sifatnya kurang lebih sama kan.


Nah, setelah melihat perbandingan biaya di atas, jelas LDR lebih hemat. Jadi duitnya bisa ditabung buat beli iphone 4s. Lho ...? ini sih obsesi pribadi penulis.


3. LDR = Lebih Fokus sama diri sendiri - Lebih Mandiri - Lebih Strong.

Banyak yang bilang kalo LDR bakalan always lonely and galau all the time. Padahal sebenernya ya emang bener sih. Cuman, sekarang gimana caranya lu membuat keadaan yang kurang menguntungkan ini jadi menguntungkan ( otak cina gue mulai aktif sejak kata "untung" diketik ). Dengan menjalani LDR maka kadar ketergantungan lu sama sosok pacar otomatis berkurang. Ini saatnya elu menjalani self inmprovement therapy, alias pengembangan diri, sehingga nanti saat ketemu pacar, elu sudah mengalami peningkatan yang signifikan, mungkin jadi lebih pinter dandan, lebih pinter masak, lebih berotot, atau lebih mapan karena sukses dengan berbagai proyek pekerjaan. Di sisi lainnya, LDR akan membangkitkan karakter mandiri lu. Tepatnya mandiri tanpa pacar. Dan hebatnya lagi, kalo lu sukses dengan dua hal tadi ( self improvement and mandiri ) lu bakal jadi someone yang strong and gak gampang galau. Dan LDR pun akan kehilangan taringnya untuk menggigit lu saat itu.

Menurut gue pribadi, 3 Hal yang gue tulis di atas itu setidaknya berhasil mematahkan anggapan kalau LDR kagak ada benefitnya. Dan sebenernya kalo mau ditelusuri lagi, sebenarnya ada banyak pihak yang diuntungan dengan LDR yg kalian jalani lho. Lets check.

1. Provider selular - Dengan asumsi bahwa orang LDR pasti komsumsi pulsanya lebih banyak dari yg gak LDR. Maka sudah pasti pihak provider bakalan untung besar. Belum lagi kalo ditambah pemakaian pulsa untuk urusan connect with internet. Wah, bakalan berdigit - digit tuh urusannya. Bahkan menurut fakta yang beredar, karena saking seringnya beli pulsa duit buat beli pulsanya kalo dikumpulin dalam setaon, udah bisa beli handphone baru malahan.

2. Social Media Enterprise - Atau gampangnya perusahaan media sosial. Dengan kecanggihan teknologi jaman sekarang, hampir dipastikan semua orang yg lg terlibat LDRan akan menggunakan social media untuk memperlancar komunikasinya. FB, twitter dan Skype adalah 3 perusahaan yang paling diuntungkan dengan LDR yg kalian jalani. Karena itu kalo kalian akhirnya sukses mengatasi LDR kalian dan akhirnya menikah, maka jangan lupa memasukkan nama - nama seperti Mark zuckeberg (pencetus FB sekaligus ownernya ), Jack Dorsey ( pencetus twitter ) dan Niklas Zennström and Janus Friis ( penemu Skype, pemilik skype sekarang adalah microsoft.inc ) dalam daftar tamu undangan kategori tamu kehormatan.

3. Jasa Courier/Paket - Ga bisa menemani pacar di moment spesial kayak valentine kemaren adalah salah satu hal yang paling terkutuk. Dan itu pasti kejadian yg ga bisa dihindari kalo lu lg menjalani LDR. Salah satu cara ampuh untuk menebus moment yang hilang itu adalah dengan mengirimkan hadiah ( gift ) ke pangkuan/pelukan pacar lu. TIKI, JNE, FEDEX dan POS INDONESIA adalah empat pihak yg menerima imbas berupa profit dari pemikiran ini. Semakin banyak dan semakin gede barang yang lu kirim buat kekasih lu, semakin tajir juga pihak- pihak yg gue sebutin tadi. Jadi waspadalah. Lebih baek kirim barang kecil sebagai hadiah, biar hemat cing. Contohnya, kartu atm dengan deposito 50 juta beserta keterangan nomer pinnya. Dijamin hemat ongkos kirim dan bisa bikin seneng kekasih lu.

***************************
Sementara ini cukup sekian aja deh hal yg mau gue share dan paparin sama kalian, wahai para LDR mania. Satu hal yang mau gue tekankan ( bukan pencetkan ), bahwasanya setiap hal pasti ada untung dan ruginya. Begitu juga dengan LDR. Emang sih banyakan ruginya ( khususnya bagi penganut paham pacaran " hubungan fisik itu penting untuk menunjang hubungan emosional " ), tapi bukan berarti juga LDR tidak memberi keuntungan sama sekali bagi yang menjalaninya. Bisa dibilang LDR itu hubungan yang konsepnya sama dengan latihan militer. Keras tapi menguntungkan untuk masa depan.

Well, akhir kata, gue pamit dulu readers. Mau bobok dulu nih ( sok unyu ). Semoga hari ini bisa mimpi ngedate bareng pacar tercinta. Yahhh, kalaupun kagak mimpi, besok kenyataan juga tetep bisa ngedatelah. Maklum gue kan kagak LDRan.

************

Special Quote untuk para penganut LDRisme

" Hubunganmu adalah ibadahmu, jadi pertahankanlah sekuat mungkin "

Salam Hangat. -- Begengcakeptakmausendiri -- . Wassalam.

2 komentar:

  1. gue malah ga LDR tapi kayak LDR, mau ketemuan aja susahnya minta ampun :( hiks hiksss ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh. Pasangan selebritis ni tampaknya. Sibuk oiiiiii ...

      Hapus